Minggu, 03 Desember 2017

Video Review Test Drive Xpander



Mitsubishi Xpander memiliki beberapa variant mualai dari tipe GLX yang dibanderol dengan harga 189 juta hingga tipe tertinggi yaitu Xpander Ultimate yang dibanderol dengan harga 248 juta OTR Jakarta. Salah satu yang paling favorit adalah Xpander Ultimate dengan transmisi Automatic 4 persepatan.

Nah, di tulisan kali ini saya akan mengulas tentang review dan test drive Mitsubishi Xpander Ultimate dengan transmisi matic yang saya lakukan beberapa waktu yang lalu di Yogyakarta. Test drive saya lakukan dibeberapa kondisi jalan, mulai dari jalanan padat khas perkotaan hingga jalur cepat Ringroad selatan Jogja. Mulai dari jalan raya yang mulus hingga jalur perumahan yang bumpy dengan beberap polisi tidur yang cukup tinggi.


Saya akan mengulas impresi mengemudi Xpander Ultimate secara lengkap. Mulai dari visibilitas, posisi mengemudi, kesenyapan ruang kabin, roda kemudi, suspensi, handling, performa dan respon transmisi, radius putar, hingga pengereman.
Silahkan disimak.



Lanjut..
Xpander Uitimate saya saya test sekitar 1 jam, mulai dari jalur perkotaan daerah Babarsari - Seturan Yogyakarta, kemudian saya lanjutkan menuju jalur cepat Ringroad selatan Jogja. Testdrive Xpander Manual ini menggunakan Xpander seri Exceed milik PT. Borobudur Oto Mobil, Jl. Adi Sucipto Yogyakarta.

Berikut ini adalah rangkuman hasil test drive Mitsu Bishi Xpander Ultimate :

Posisi Mengemudi

Posisi mengemudi Xpander Ultimate ini cukup nyaman, desain jok cukup supportive dan nyaman diduduki. Jok pengemudi Xpander tidak terlalu pendek seperti jok kompetitor, sehingga bagian paha tersangga dengan baik dan tidak menggantung. Selain itu, jok pengemudi Xpander juga sudah dilengkapi dengan height adjuster sehingga bisa diatur sesuai dengan postur pengemudi.
Roda kemudi sudah bisa Tilt dan Telescopic sehingga bisa diatur sesuai dengan posisi ternyaman yang diinginkan.

Visibilitas Cukup Baik

Visibility mobil ini cukup, walaupun menganut desain model masakini, dasbor cukup tinggi, tetapi tidak terlalu mengganggu pandangan ke depan. Pandangan hanya sedikit terganggu oleh pilar A saat mobil belok kanan. Tapi masih cukup ok.

Kesenyapan Ruang Kabin

Mitsubishi Xpander memiliki kesenyapan ruang kabin yang sangat baik. Suara dari luar senyap. Suara mesin senyap. Ada sedikit suara ban yang bersentuhan dengan aspal, tetapi masih oke, tidak se parah Grand Livina. Ruang kabin mobil ini bisa dibilang termasuk yang paling senyap di kelasnya.
Hanya saja saat kick down dan mesin berteriak di putaran tinggi, suara mesin ada sedikit masuk ke ruang kabin. Sedangkan pada kondisi normal, sangat senyap.

Roda Kemudi

Xpander Ultimate memiliki roda kemudi dengan ukuran yang tidak terlalu besar, bisa dibilang cukup kecil untuk ukuran mobil MPV. Roda kemudi Xpander Ultimate ini juga sangat nyaman digenggam karena dibalut dengan kulit yang lembut.

Dilengkapi dengan EPS (electronic power steering), setir mobil ini terasa sangat enteng, sayangnya returning force saat selesai belok terasa sangat minim sehingga jika selesai berbelok tajam, maka roda kemudi harus diputar/ didorong untuk lurus kembali.

Suspensi Xpander Ultimate

Xpander Ultimate memiliki suspensi yang lembut. Bisa dibilang paling empuk dan paling nyaman dikelasnya. Redaman suspensi sangat baik saat melewati polisi tidur atau jalanan rusak/ bergelombang. Sekilas naik mobil ini terasa bukan menaiki mobil Low MPV. Rasanya seperti naik mobil mahal. Silahkan dicoba dan dibuktikan.

Handling

Untuk lebih mengetahui rasanya handling mobil ini, saya sengaja memacu Xpander Ultimate ini di Ringroad selatan Jogja dengan kecepatan tinggi.

Xpander Ultimate memiliki handling yang cukup mantap di kecepatan tinggi tapi body roll masih cukup terasa saat bermanuver. Mungkin karena ground clearance yang cukup tinggi. Jika dimodifikasi lebih rendah, dan menggunakan ban tapak lebar, sepertinya body roll akan sedikit lebih baik.

Respon Transmisi Xpander Ultimate

Transmisi matic mobil ini sangat smooth tapi responsif, perpindahan gigi terasa sangat halus. Saat kick down, meskipun tidak mengaktifkan OD, transmisi secara otomatis turun ke gigi rendah sehingga menghasilkan akselerasi yang cukup baik.

Performa Xpander Ultimate

Mesin Xpander Ultimate ini lebih kuat di putaran tinggi. Power terasa kurang di putaran rendah, tapi di putaran tinggi cukup baik. Mobil sedikit terasa under power di putaran rendah terutama dibawah 2000 rpm. Namun akselerasi masih cukup baik.

Seandainya diproduksi Xpander versi 1800cc atau 2000cc, mungkin akan lebih menarik. Karena satu-satunya catatan saya terhadap mobil ini adalah sektor performa. Sedangkan sektor lainnya jauh melampaui ekspektasi.

Namun begitu, untuk penggunaan sebagai mobil keluarga, performa mobil ini sudah sudah lebih dari cukup.

Radius Putar Xpander

Radius putar mobil ini 5.2 meter. Artinya tidak sebaik Avanza / Xenia tapi masih bisa memutar balik satu kali di Ring Road Jogja. Sebagai pembanding, dengan awalan yang sama, Toyota Rush butuh 2 kali untuk memutar balik di Ring Road Jogja.

Pengereman Xpander Exceed

njakan pedal rem di mobil ini rasanya lebih mirip ke pedal rem mobil eropa dibanding dengan mobil Jepang. Jika terbiasa dengan mobil jepang yang pedal rem nya sangat responsif, injak sedikit langsung nyuutt.. Maka akan merasa bahwa rem Mitsubishi Xpander kurang pakem karena harus diinjak lebih dalam. Tapi bagi yang terbiasa dengan mobil eropa, pasti langsung klik dengan pengereman mobil ini.


Untuk informasi lebih lengkap tentang test drive Xpander Ultimate, silahkan tonton video diatas.


Silahkan dikomentari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar